Jumat, 11 Desember 2009

arti sebuah professionalitas



mendengar kata professionalisme tentunya sebuah kata-kata yang gampang terucap namun sulit untuk di lakukan.. hehehe.. professionalisme itu apa seh?? menurut gw professionalisme itu dimana lo bisa melakukan segenap pekerjaan lo, jabatan lo dengan sebaik-baiknya dan bekerja secara maksimal. tentunya professionalisme itu dimana lo bisa datang ontime, kerja tepat waktu, punya totalitas dalam pekerjaan, tanggung jawab dan skill.

sampe sekarang pun gw masih blajar untuk jadi orang yang professional, hal tersulit untuk jadi professional menurut gw itu adalah lo harus bisa berada pada keadaan yang terbaik atau good mood dalam bekerja, padahal saat itu lo lagi dapet masalah berat bgt,,
bayangkan saja, gmn caranya lo bisa bermuka dua dan berpura-pura seakan-akan lo baik-baik saja dan sedang dalam kondisi yang baik, padahal 10 menit yang lalu lo baru di putusin pacar.. dan itu bukan hal yang mudah buat gw..

komitment itu menjadi sebuah hal penting dalam memulai segala sesuatu di hidup ini,, terutama dalam relationship dan pekerjaan, komitment itu semacam janji tidak tertulis dan sebuah rule dalam kita menjalani sesuatu..
hal-hal yang selalu gw lakukan dalam setiap gw memulai pekerjaan dalam sebuah tim, biasanya ya gw akan bilang kita harus bisa bertindak secara professional, dan bisa memainkan peran kita, disaat kita harus berperan sebagai rekan kerja..


kadang hal tersebut merupakan hal susah karena gak semua orang bisa memainkan peran seperti itu, kadang banyak dari mereka yang gak bisa bedain antara lo ge berurusan sama satu orang yang bisa saja sebagai sahabat lo atau pacar lo, dan sekaligus atasan lo.. kebanyakan dari kita akan membawa masalah-masalah dalam sebuah tim, kedalam peran kita sebagai teman, sahabat atau pacar.. padahal kita harus menghindari hal tersebut agar gak ada sisi subjektivitas dalam bekerja.. bahwa yang terbaik harus di perjuangkan, dan yang salah harus di tegur dan diperbaiki..


kadang dalam bekerja sebagai sebuah tim, kita pasti akan terjadi issue-issue buruk yang berkembang selama bekerja,, namun satu quote yang gw suka menjawab semua pertanyaan kita,

"jangan pernah menjelek-jelekan sebuah pohon, dimana lo masih menadahkan tangan menanti buahnya atau pernah mengantungkan hidup di pohon tersebut"


gak seharusnya kita menjelek-jelekan sebuah tim dimana kita berada atau tempat kita bekerja, apa lagi jika kita bergantung sama hasil kerja tim tersebut, atau dulu kita pernah berada dalam tim tersebut.. kita harus bisa bertindak secara professional, segala sesuatu yang dimulai dengan baik, harus pula di akhiri dengan baik pula..



menjadi seseorang yang professional bukan lah sesuatu yang dapat dimiliki secepat kita membalikan telapak tangan, namun menjadi professional butuh kemauan dan waktu untuk memiliki sifat tersebut.
.


_arti sebuah professionalitas_
_and2ny_

2 komentar:

  1. yhap...
    betul banget ko..
    tp utk jg profesional seutuhny mungkin btuh wkt yg ga sbntr tuh ko..
    agk sedikit susah soalny..
    hehehhe..
    ap lg itu tuh,hrs brmuka 2..
    that's a big challenge! ^^

    BalasHapus
  2. @novi: youps big challenge bgt!! gw paling susah ya melakukan hal itu. .hahaha... tetep aj mood gw gak bisa di sembunyiin.. ehehe

    BalasHapus